Tips Merawat Hardisk Dengan Baik

Posted: December 9, 2010 in Technology Tips

Saya yakin kalian sering menghapus file-file yang tidak begitu penting yah, atau mungkin tidak lagi memadai. Sebenarnya, semakin banyak kamu menghapus dan menambah file, harddisk mu akan semakin terfragmentasi. Jika hal ini kamu biarkan, hal-hal buruk bisa saja terjadi pada harddisk tersebut. Harddisk kamu akan mulai berjalan dengan lamban, dan pada saatnya meskipun waktunya relatif cukup lama- harddisk tersebut bisa merusak dirinya sendiri. Untungnya, kamu bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan langkah-langkah sederhana.

kalian bisa mendapatkan program utility tersebut secara gratis dari sistem operasi Windows itu sendiri Sebenernya lho.
Jika harddisk kamu terfragmentasi, cara yang sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mendefragmentasi harddisk tersebut. Itulah alasannya
program seperti Defrag dan Scandisk bisa kamu dapatkan secara gratis pada Windows, untuk membantu mengoptimalkan harddisk kamu. Defrag memeriksa harddisk kamu, mencari file-file apa yang tidak pada tempatnya, dan juga memindahkan file-file lain sesuai dengan urutannya. Scandisk memeriksa harddisk dan mencari kemungkinan adanya error, dan biasanya membetulkannya secara otomatis. Kadang-kadang, sebuah program tidak terhapus sepenuhnya dan Scandisk cukup pintar untuk menolong kamu mengembalikan bit-bit yang hilang pada harddisk yang
mungkin tidak bisa digunakan sambil membetulkan error-error yang lain.
  • SHUT DOWN DENGAN BENAR
Hal yang juga sangat penting bagi pemilik computer dengan sistem operasi Windows 9x ke atas adalah tidak sembarangan mematikan komputer! Pada sistem operasi tersebut, terdapat cara untuk mematikan komputer dengan benar (properly shut down). Jika mematikan computer tidak dilakukan dengan cara yang benar, risikonya Anda akan kehilangan data-data penting, atau file-file yang disimpan akan menjadi rusak. Kemungkinan lain, komputer tersebut tidak akan bekerja karena harddisknya rusak atau muncul bad sector. Ini berbahaya, Bung! Jadi, gunakanlah perintah shut down tersebut. Jangan menjadi tidak sabaran.
Waktu yang Anda keluarkan untuk menunggu komputer tersebut untuk benar-benar mati tidak sebanding dengan waktu yang akan Anda keluarkan jika terjadi masalah pada computer Anda. Belum lagi dana yang Anda harus keluarkan kalau terjadi kerusakan fisik pada harddisk kesayangan Anda.
itulah pengalaman yang pernah penulis alamišŸ˜¦
sebagai pembelajaran saja ya,,, melekukan hal seperti di atas kadang bagi sebagian orangĀ  sangatĀ  malas, hmm,, tapi kalo sudah terjadi kerusakan baruu tuh menyesal.. hehehe.. (pengalaman pribadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s